SISTEM PRODUKSI, STRATEGI SISTEM PENGADAAN PRODUK | Make to Stock, Assembly to Order, Make to Order, Enginerring to Order




Tipe strategi sistem pengadaan produk memberikan pengaruh yang besar terhadap proses perencanaan dan pengendalian produksi. Strategi tersebut adalah sebagai berikut:

Make to Stock. Sistem pengadaaan produk dengan ciri memproduksi produk jadi untuk disimpan dengan maksud kapan saja produk dibutuhkan oleh konsumen maka perusahaan siap untuk mendistribusikannya.

Konsumen tidak memiliki kesempatan untuk memiliki kesempatan untuk memilih sesuai dengan keinginan tetapi harus membeli langsung  produk jadi dari persediaan yang dimiliki perusahaan. Sistem ini memfokuskan pengiriman produk segera dengan kualitas yang baik, harga yang wajar dan barang yang umum, yang  demikian juga konsumen tidak lead time terlalu lama dalam menunggu kedatangan produk. Sistem ini berdampak banyaknya jumlah persediaan akibat dari beragamnya variasi ukuran, warna dan fasilitas pada spesifikasi produk. Contoh : HP.

Assembly to Order. Sistem pengadaaan produk dengan ciri merakit produk jadi berdasarkan pesanan, disesuaikan dengan keinginan konsumen dan perusahaan akan mengerjakan perakitan produk jika telah ada kesepakatan.

Perusahaan  menyediakan sejumlah model dasar dari produk dengan berbagai alternatif dari variasi yang diperkirakan akan membuat konsumen tertarik untuk memilihnya. Setelah konsumen tertarik dengan varian produk dan telah terjadi kesepakatan, maka perusahaan akan segera mengerjakan perakitan produk. Perusahaan menyediakan produk jadi yang berkualitas tinggi, harga yang bersaing dalam jumlah varian yang besar dan waktu siklus perakitan yang relatif pendek. Contoh : Furniture.

Make to Order. Sistem pengadaaan produk dengan memproduksi produk sesuai dengan pesanan konsumen.

Konsumen menyediakan spesifikasi dan desain produk, perusahaan akan menyediakan bahan, merakit dan menyelesaikan produk sesuai kesepakatan awal. Contoh : Sandaran boncengan motor.

Engineering to Order. Sistem pengadaan produk dengan memproduksi produk dengan spesifikasi produk sesuai dengan pesanan konsumen.

Pelanggan menyediakan spesifikasi dari produk jadi, maka perusahaan akan membuat desain, menyediakan bahan dan membuat produk. Perusahaan menyiapkan form perintah kerja, gambar produk, struktur produk guna melancarkan kegiatan produksi. Contoh : Pagar besi.

Kesimpulan lingkup dari strategi sistem pengadaan produk di atas adalah sebagai berikut:


  • Make to Stock  : Delivery.
  • Assembly to Order : Delivery, assembly.
  • Make to Order  : Delivery, assembly, manufacturing, procurement.
  • Engineering to Order : Delivery, assembly, manufacturing, procurement, engineering.


Baca juga : Apa itu PPIC, Jenis Perencanaan dan Kegiatan PPIC
...............................
Daftar pustaka : Sofyan, Diana K. 2013. "Perencanaan Dan Pengendalian Produksi". Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Post a Comment

0 Comments