Berlibur Seru, Keren dan Penuh Tantangan dengan Tips dan Trik Berlibur ke Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Haii Sobat Traveller yang Pemberani dan penuh dengan Tantangan 

 

Ada bebarapa Fakta menarik untuk seorang Pelancong/Backpacker/Traveller yang berkunjung ke tempat yang baru, apalagi ketempat dengan budaya adat yang masih terjaga dengan baik. Berikut Faktanya:

Ø  Sobat Traveller bisa belajar budaya setempat

Ø  Melatih mental Sobat Traveller dengan lingkungan baru

Ø  Tidak hanya berwisata ke tempat-tempat hits yang sedang tren, tetapi Sobat Traveller bisa mencoba mencari tempat bersejarah dengan mengunjungi museum-museum setempat untuk belajar

Ø  Jangan takut untuk tersesat ya Sobat Traveller, karena dengan tersesat bakal menemukan sesuatu yang Baru dan tak akan sobat lupakan sampai kapanpun (Pasti Seru dan Membekas)

 

Dari judulnya pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya DIENG, bagi saya Dieng merupakan Desa Wisata yang letaknya berada di atas ketinggian yang berada di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng sendiri merupakan salah satu Desa Tertinggi di Indonesia,  karena Dieng berada di ketinggian ±2000 mdpl. Oleh karena itu jika Sobat Traveller mau berkunjung atau berwisata ke Dieng jangan asal berangkat saja tanpa memikirkan persiapan terlebih dahulu. Berikut ada beberapa tips dan trik supaya liburan Sobat Traveller bisa semakin Seru, Manarik, dan Menantang.

 

A.    PLANNING ATAU RENCANA

Merencanakan sesuatu kegiatan sangatlah penting. Bagi saya, merencanakan merupakan salah satu bagian dari kegiatan itu, jadi kalau dari merencakana saja sudah salah maka untuk pelaksanaannya pun tentunya akan salah. Yang ada liburan Sobat bukan Happy Ending, eee malah menjadi susah dan penuh dengan kesalahan dan hasilnya Badmood. Jangan sampai terjadi ya Sobat Traveller. Berikut Planning atau Rencana dari saya untuk Sobat yang mau berlibur ke Dieng, Wonosobo.

-        Rencanakan Sobat Traveller akan berlibur berapa hari di Dieng, wonosobo

-        Rencanakan tempat spot wisata yang akan dikunjungi, karena di Dieng, wonosobo banyak spot-spot wisata yang seru dan epic untuk dikunjungi

-        Rencanakan penginapan yang akan Sobat Traveller tempati untuk transit/beristiarahat, tentunya dari penginapan tersebut terdapat fasilitas Air Hangat

-        Dan tidak ada salahnya menghitung terlebih dahulu atau menghitung secara global biaya-biaya yang akan dikeluarkan.

 

B.    TEMPAT BERISTIRAHAT/PENGINAPAN

Bagi Sobat Traveller yang dari luar kota pastinya tidak akan sehari saja kan ya berlibur ke Dieng, Wonosbo. Sangat disayangkan jika hanya sehari saja berliburnnya, karena banyak sekali destinasi wisata yang harus dikunjungi. Tidak hanya me-Refresh mata saja ya Sobat Traveller dengan pemandangan yang seger-seger di Dieng, tapi tubuh juga butuh di-Refresh juga supaya maksimal liburannya di Dieng, dengan apa caranya me-Refresh tubuh…ya tentunya dengan Istirahat yang cukup ya Sobat Traveller.

Tenang saja Sobat Traveller tidak perlu panikk dan bingung, karena di Dieng, Wonosobo banyak sekali tempat untuk istirahat atau penginapan seperti Homestay, Villa, dan Hotel yang bisa Sobat Traveller dapatkan disepanjang jalan, atau bisa anda booking/reservasi terlebih dahulu jauh-jauh hari melalui website atau aplikasi.

Untuk Sobat Traveller yang berlibur dengan teman banyak (lebih dari 5 orang) saya saranin untuk menyewa homestay atau villa saja, karena jika dihitung per orang sewanya permalam jauh lebih murah dan lebih bisa seru-seruan. Jika Sobat Traveller yang berlibur dengan jumlah sedikit (kurang dari 4) saya saranin untuk menginap di hotel saja. Di Dieng banyak sekali penginapan hotel dengan harga terjangkau, salah satu yang pernah saya jadikan tempat penginapan yaitu penginapan Bu Djono merupakan penginapan yang me-Legenda di dataran tinggi Dieng, kenapa ??? karena penginapan tersebut dibangun pada masa Belanda, dan masih terawat dengan baik dan masih eksis hingga saat ini, dan harganya pun terbilang murah bagi  Sobat Traveller.


Tips:

Tak kalah pentingnya untuk Sobat Traveller yang sedang mencari penginapan di dataran tinggi Dieng, Wonosobo dan HARUS/WAJIB ada yaitu Waterheater atau Pemanas Air pada kamar mandi, tau sendiri suhu di Dieng ya Sobat Traveller.

 

C.    PERLENGKAPAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN/DIBAWA

Ini juga tidak kalah pentingnya ya Sobat Traveller, Perlengkapan atau Perbekalan yang mesti dibawa jangan kebanyak karena bisa susah dan berat bawanya dan tentunya jangan sedikit juga, dan jangan sampai salah bawa perlengkapan ya Sobat Traveller sesuaikan tempat yang akan dikunjungi. Kali ini perlengkapan yang mesti dibawa Ketika berlibur ke Dieng, Wonosobo:

-        Jaket tebal (jaket yang windproof)

-        Pakaian hangat seperti baju Panjang, sweeter, dll.

-        Perlengkapan mandi yang ringkas

-        Kaos kaki, kaos tangan dan masker diusahakan lebih dari satu

-        Sepatu

-        Sendal

-        Obat-obatan

-        CAMERA Wajib.

 


D.    WAKTU YANG TEPAT BERLIBUR KE DIENG

Dieng terletak didataran tinggi yang berada di dua Daerah. Karena berada diketinggian, Dieng memiliki prakiraan cuaca tersendiri. Perlu Sobat Traveller ketahui bahwa cuaca diketinggian seperti Dieng tidak sama dengan cuaca didaerah/dataran rendah, jadi Sobat Traveller harus sering-sering update ke prakiraan cuaca khususnya di Dieng, Wonosobo.

Menurut saya nih Sob, waktu yang tepat untuk berlibur ke Dieng, Wonosobo yaitu pada Bulan JULI, AGUSTUS, SEPTEMBER. Pada bulan tersebut kemungkinan besar Dieng akan menampakkan ke-Eksotisan-nya, karena pada bulan tersebut tidak banyak hujan dan tentunya pada bulan tersebut memiliki suhu di Dieng lebih Ekstrim dari bulan-bulan lainnya yakni suhu bisa mencapai 0° C bahkan -0° C (minus). Akan tetapi meski suhu dibulan tersebut sampai minus derajat, disinilah ke-Eksotisan-nya Dieng untuk dinikmati dengan penuh ke-Kaguman. Seperti Golden Sunrise di Puncak Sikunir, Butiran-butiran Es di Candi Arjuna, dll.

 

Sekian dulu ya Sobat Traveller untuk Tips dan Trik ketika berlibur ke dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Semoga bermanfaat bagi Sobat-sobat Traveller yang akan berlibur ke Dieng, Wonosobo

Selamat Berpetualang ke Dieng, Wonosobo

Post a Comment

2 Comments

kidangijo06 said…
oke makasih kak infonya
mnurut pengalaman tinggal di losmen bujdono permalamny berpa kak, kamar yang seperti apa?
Note said…
silahkan klik aja link yang diatas, itu bisa menjawab smua pertanyaan kakak
ada beberapa macam tipe kamar yang bisa dipesan..tergantung kakak mau yang gimana
terima kasih