5 HALANGAN TAK TERDUGA SAAT TRAVELLING

Hal-hal di luar rencana yang dapat merusak agenda travelling,

Tentu saat kita melakukan perjalanan ke kota orang, tidak terlepas dari halangan atau rintangan tanpa kita sadari sebelumnya, terlebih jika sobat tidak bisa mengambil sikap yang tepat, tentunya  akan lebih mengacaukan semuanya.



Single travelling atau berpasangan dengan teman atau si doi tentu ada perbedaan tiap kali menghadapi permasalahan yang muncul. Terlebih ketika kita mengajak partner, tentu setiap orang memiliki opini tersendiri, nah jangan sampai salah satu pihak gak ada yang ngalah, kekompakan perlu di jaga sob. Halangan yang bisa muncul yaitu

     1.       Cuaca yang tiba-tiba berubah
Well, ini ketetapan alam sob, apalagi jika waktu liburan yang kita ambil masih di musin peralihan, so bisa saja jadwal yang udah tertata rapi tercancel begitu saja. Pasti ada rasa kesal, kecewa, tapi di sini gak bisa nyalahin siapa-siapa juga. Jadi keep emosi , Tuhan akan menggantikan yang lebih indah (asekk… hehe). 

Dengan kepala dingin cobalah diskusi langkah yang sebaiknya diambil , merubah jadwal atau terpaksa mengencel sebagian kegiatan dengan mengganti kegiatan lain yang bisa dilakukan di indoor.

     2.       Tersesat
Yess, tersesat. Gak semua perjalanan apalagi di kota orang terdapat akses yang jelas, apalagi sobat yang backpackeran bermodalkan tekad, niat, dan maps tentunya. Tidak jarang kita memanfaatkan Google Maps sebagai pemandu wisata, tetapi ada kalanya rute yang diambil malah membuat sobat tersesat tak karuan, ditambah jika provider kartu sim sobat tiba-tiba hilang sinyal, lengkap sudah penderitaan (hahaha). 

Tetap tenang kuncinya, jangan saling menyalahkan teman atau partner backpacker sobat yaa, kalo saling ribut nyalahin satu sama lain kan gak lucu buang-buang waktu, mending manfaatin waktu buat nyari jalan keluar, manfaatin keberanian buat nyari orang di sekeliling yang bisa ditanya, di dalam hidup kita pasti membutuhkan orang lain, bersikap ramahlah dan jangan takut untuk bertanya, jika memang benar-benar sepi beranilah menentukan jalan mengikuti hati nurani sampai menemukan warga sekitar.

     3.       Partner cewek tiba-tiba menstruasi
Nah biasanya ini yang bisa bikin bingung pihak cowok saat ngajakin temen cewek backpackeran, terlebih cewek yang gak pernah menghitung siklus mentruasinya sendiri, yang biasanya ngitung perkiraannya aja kadang meleset apa lagi yang gak pernah ngitung, yaa namanya aja perkiraan wkwkwkk…

Ditambah lagi lupa membawa persediaan pembalut, so yang repot pasti temen cowoknya, di sini para  cowok yang baik hati kepedulian anda diuji saat itu juga hehe, tentunya kalian para cowo udah gak tabu dan berani berkorban untuk membelikan pembalut, toh tinggal ambil di rak indomaret atau alfamart tapi jangan lupa bayar hehe

Satu lagi yang bikin penghalang travelling saat partner cewek tiba-tiba menstruasi, keadaan fisiknya bisa jadi menurun, mulai dari cepat lelah, kondisi perut yang kram, muka yang gak kliatan seger seperti biasa, dan emosi yang naik turun, so gak mungkin kalo melakukan kegiatan yang extrim saat liburan, sesuaikan dengan kondisi tubuh dan jikalau benar-benar lelah gak ada salahnya pilih kegiatan yang tidak memerlukan fisik dan minum obat pereda nyeri menstruasi, harus sedikit mengalah daripada keesokan harinya kondisi makin tak karuan.

     4.       Kelelahan
Nah ini yang gak pernah tertulis di jadwal travelling tapi sering terjadi, terlebih jika jadwal travelling yang terlalu padat dan sebelumnya kita berfikiran tak akan seperti itu. Tubuh punya alarm tersendiri jika kita beraktivitas di luar batas kemampuan tubuh, jangan terporsir untuk mengunjungi tempat-tempat yang sudah ada dalam list rencana tetapi malah mengabaikan kebutuhan tubuh kita. Jika memang sudah kelelahan, beristirahatlah barang satu dua jam untuk mengembalikan tenaga, terlebih jika partner travelling kita memiliki daya tahan tubuh yang cepat lelah, sarankanlah untuk meminum vitamin untuk menambah imun tubuh.

     5.       Sakit atau penyakit bawaan yang tiba-tiba kumat
Nah di sini peran p3k sangat penting. Jika agenda sobat melakukkan travelling ke daerah yang jauh dari perkotaan, jangan meninggalkan perlengkapan obat-obatan di penginapan, letakkan selalu di ransel yang sobat bawa, karna kita gak akan tau kapan kita butuh itu. Kalo pas di hutan dan sepi orang kan gak mungkin bisa kita memberikan pertolongan pertama. Jadi sekali lagi mengerti tubuh sendiri itu penting sob, gak boleh semena mena kita mengandalkan teman travelling kita, safety first for ourselves.


Dengan mempedulikan hal-hal tersebut tentunya liburan akan tetap berjalan sebagai mana yang kita inginkan, asal kita bisa mengambil sikap dan tindakan yang tepat. So buat sobat yang sedang merencanakan travelling, tetap memikirkan semua yang bisa terjadi untuk jaga-jaga. Sekian tulisan kali ini.. happy travelling gaes….

"Jangan lupa baca juga..rencanaan Budget atau Keuangan untuk Travelling"
"Persiapan Backpaker Bagi Pemula-Tempat Baru Pengalaman Baru Pelajaran Baru"
"Manfaat Travelling Ke Daerah Baru, Tempat Baru, Suasana Baru"

Post a Comment

0 Comments