LAMBANG/ SIMBOL PETA KERJA || Materi Teknik Industri


Oke cusss… di postingan sebelumnya saya sudah mengupdate peta-peta kerja, baik peta kerja keseluruhan maupun peta kerja setempat https://kidangijo06.blogspot.com/2017/07/peta-kerjapeta-kerja-keseluruhan-contoh.html
So..,, kali ini mengenai pengantar peta-peta kerja agar lebih jelas,yaitu mengenai simbol, arti simbol dan pengaplikasian simbol
Yuk di simak , cikidot …

Prembule, ada lima langkah sistematis  untuk memecahkan suatu masalah, yaitu :

  1.     Pendefinisian Masalah. Tujuan yang akan dicapai secara umum. Artinya, ditentukan dulu kriterianya, hasil yang diinginnkan, waktu yang tersedia, dll.
  2.    Penganalisisan Masalah. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, dibuat spesifikasi dan batasan-batasannya, menyajikakan fakta-fakta secara sistematis, melakukan pengujian kembali atas persoalan dan kriteria-kriterianya. Di sini peta-peta kerja berperan.
  3.    Pencarian alternatif-alternatif. Berdasarkan kriteria-kriteria dan batasan-batasan yang telah ditentukan, disusun sebagai alternatf pemecahan persoalan yang masih harus dipilih.
  4.      Mengevaluasi alternative yang diusulkan. Dipilih yang terbaik dengan menggunakan prinsip dan teknik yang dipertanggung jawaban secara ilmiah.
  5.       Pengambilan keputusan. Memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang ada.

Pada dasarnya peta-peta kerja merupakan sistematis untuk mengumpulkan semua fakta. Yang kemudian dengan mengemukakannya dalam bentuk peta-peta kerja, fakta-fakta ini dikomunikasikan kepada orang lain dengan sistematis dan jelas. Untuk bisa memahami fakta-fakta dengan baik, perlu ditinjau secara makro dan mikro.

Peninjauan secara makro berarti fakta-fakta yang ada ditinjau secara menyeluruh, antara sistem kerja. Sementara secara mikro, fakta-fakta yang ada ditinjau secara terperinci di setiap sistem kerja. Kedua cara peninjauan ini dipenuhi dengan menggunakan peta-peta kerja yang memang pada dasarnya dibagi dalam dua kelompok besar. Pertama, peta-peta kerja yang menganalisis secara keseluruhan ( makro) dan kedua, peta-peta kerja yang menganalisis kerja setempat (mikro).

DEFINISI PETA KERJA
Jadi peta kerja adalah sesuatu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan jelas (biasanya kerja produksi). Lewat peta-peta ini kita bisa melihat semua langkah atau kejadian yang dialami oleh suatu benda kerja dari muali masuk ke pabrik (berbentuk bahan baku); kemudian menggambarkan semua langkah yang dialaminya, seperti : transportasi, operasi mesin, pemeriksaan dan perakitan; sampai akhirnya menjadi produk jadi baik, baik produk lengkap atau merupakan bagian dari suatu produk lengkap.
Apabila kita melakukan study yang saksama terhadap suatu peta kerja, maka pekerjaan kita dalam usaha memperbaiki metode kerja dari suatu poses produksi akan lebih mudah dilaksanakan. Perbaikan yang mungkin dilakukan , antara lain :

  1.          Menghilangkan opoerasi yang tidak perlu
  2.        Menggabungkan suatu operasi dengan operasi lainnya
  3.         Menemukan suatu urutan kerja
  4.         Proses produk yang lebih baik
  5.         Menentukan mesinn yang lebih ekonomis
  6.        Menghilangkan waktu menunggu antar operasi

Pada dasarnya semua perbaikan tersebut ditujukan untuk mengurangi biaya produksi secara keseluruhan, dengan demikian peta ini mempermudah perencanaan perbaikan kerja.

LAMBANG YANG DIGUNAKAN
Gillbreth mengusullkan 40 buah lambang, pada tahun berikutnya lambang tersebut disederhanakan sehingga hanya tinggal 4 macam saja, namun pada tahun 1947 American Society Mechanical Engineer (ASME) membuat standar lambang-lambang yang terdiri atas 5 macam lambang yang merupakan modifikasi yang telah dikembangkan sebelumnya oleh Gillbreth 






Operasi
Suatu kegiatan operasi terjadi apabila benda kerja mengalami perubahan sifat, baik fisik maupun kimiawi. Mengambil informasi maupun memberikan informasi pada suatu keadaan juga termasuk operasi.
Operasi merupakan kegiatan yang paling banyak terjadi dalam suatu proses. Dan biasanya terjadi pada suatu mesin atau sistem kerja, contohnya :

  •          Pekerjaan menyerut kayu dengan mesin serut
  •          Pekerjaan mengeraskan logam
  •          Pekerjaan merakit.
Dalam praktiknya, lambang ini juga bisa digunakan untuk menyatakan aktivitas administrasi, misalnya; aktivitas perencanaan atau perhitungan.









Pemerikasaaan
Suatu kegiatan pemeriksaan terjadi apabila benda kerja atau peralatatan  mengalami pemeriksaan baik untuk segi kualitas maupun kuantitas.
Lambang ini digunakan jika kita melakukkan pemeriksaan terhadap suatu objek atau membandingkan objek tertentu dengan suatu standar.
Suatu pemeriksaan tidak  menjuruskan bahan kea rah menjadi suatu barang jadi, contohnya:

  •           Mengukur dimensi benda
  •           Memeriksa warna benda
  •           Membaca alat ukur tekanan uap









Transportasi

Suatu kegiatan transportasi terjadi apabila benda kerja, pekerja atau perlengkapan mengalami perpindahan tempat yang bukan bagian dari suatu operasi
Contohnya :

  •    Benda kerja diangkut dari mesin bubut ke mesin skrap untuk mengalami operasi berikutnya.
  •       Suatu objek dipindahkan dari lantai atas lewat elevator

Suatu pergerakan yang merupakan bagian dari operasi atau disebabkan oleh petugas pada tempat bekerja sewaktu operator atau pemeriksaan berlangsung, bubkanlah termasuk transportasi, contohnya :

  •     Keramik yangmengalami pemanasan suhu tinggi sambil bergerak di atas ban berjalan, merupakan kegiatan operasi. Walaupun keramik tersebut mengalami perpindahan tempat tetapi perpindahan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pemanasan. 










Menunggu

Proses menunggu apabila benda kerja, pekerja ataupun perlengkapan tidak mengalami kegiatan apa-apa selalin menunggu (biasanya sebentar).
Kejadian ini menunjukkan bahwa suatu objek ditinggalkan untuk sementara waktu tanpa pencatatan samppai diperlukan kembali.
Contohnya :

  •          Objek menunggu untuk diproses atau diperiksa
  •          Peti menunggu untuk dibongkar
  •        Bahan menunggu untuk diangkut ke tempat lain.







Penyimpanan

Proses penyimpanan terjadi apabila benda kerja disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama. Jika benda kerja tersebut akan diambil kembali biasanya memerlukan prosedur perizinan tertentu.
Lambang ini digunakan untuk menyatakan suatu objek yang mengalami penyimpanan permanen, yaitu ditahan atau dilindungi terhadap pengeluaran tanpa izin tertentu. Prosedur perizinan dan lamanya waktu adalah dua hal yang membedakan antara kegiatan menunggu dan penyimpanan.
Contohnya :

  •         Dokumen-dokumen/ catatan-catatan disimpan dalam brankas
  •        Bahan baku disimpan dalam gudang

Selain lima lambang standar di atas, kita bisa menggunakan lambang lain apabila merasa perlu untuk mencatat suatu aktifitas yang memang terjadi selama proses berlangsung dan tidak terungkapkan oleh lambang-lambang tadi. Lambang tersebut adalah 








Aktivitas Gabungan

Kegiatan ini terjadi apabila antara operasi dan pemeriksaan dilakukan bersamaan atau dilakukan pada suatu tempat kerja.

MACAM MACAM PETA KERJA
Pada dasarnya peta-peta bisa dibagi dalam dua kelompok besar berdasarkan kegiatannya,yaitu :
   1. Peta-peta kerja yang digunakan untuk menganalisis kegiatan kerja keseluruhan
      2.   Peta-peta kerja yang digunakan untuk menganalisis kegiatan kerja setempat

Dalam hal ini tentunya kita harus bisa membedakan antara kegiatan kerja keseluruhan dan kegiatan kerja setempat. Disebut keseluruhan bila melibatkan sebagian besar atau semua sistem kerja yang diperlukan untuk membuat prosuk yang bersangkutan. Sedangkan yang dimaksud dengan kegiatan kerja setempat, apabila hal itu menyangkut hanya satu sistem kerja saja yang biasanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas.

Yang termasuk kelompok kegiatan kerja keseluruhan :

  1.            Peta Proses Operasi
  2.            Peta aliran Proses
  3.            Peta Proses Kelompok Kerja
  4.            Diagram Alir

Yang termasuk kelompopk kegiatan kerja setempat :

  1.          Peta Pekerja dan Mesin
  2.         Peta Tangan Kanan- Tangan Kiri
Keenam macam peta kerja diatas merupakan peta-peta yang paling banyak digunakan dan pembahasan mengeanai flow chart perbaikan kerja sebagai berikut.


Flow Chart Perbaikan Kerja

Well .,,, demikian pembahasan umum mengenai peta kerja, update selanjutnya yaitu mengenai penjelasan dari macam-macam peta kerja baik peta kerja keseluruhan maupun setempat .. jadi kamu iyaaa kamu hehe harus pantengin blog ini trus hahahahaa
Baa bayy







Post a Comment

0 Comments