Unsur Sistem Manajemen Logistik

Sistem Logistik suatu perusahaan merupakan kaitan dari kegiatan logistik dengan unit-unit operasi lainnya. Unsur manajemen logistik yang digabungkan untuk membentuk sistem logistik dalam organisasi perusahaan, yang meliputi:


Struktur Fasilitas
Suatu kegiatan logistik dengan ke mana dan melalui mana material, suku cadang, barang jadi diangkut.

Transportasi
Merupakan kegiatan penghubung. Sistem logistik memandang kegiatan transportasi dengan 4 faktor yaitu biaya, kecepatan, pelayanan, konsistensi. Biaya transportasi merupakan pembayaran yang dikeluarkan guna mengganti balas jasa pengangkutan barang yang telah dikeluarkan. Faktor kecepatan merupakan waktu yang dibutuhkan guna menyelesaikan satu tugas pengangkutan dari tempat asal ke tujuan yang dikehendaki. Faktor pelayanan merupakan suatu kegiatan servisyang diberikan terhadap barang selama dalam kegiatan pemindahan barang. Konsistensi pelayanan merupakan suatu prestasi waktu yang teratur.

Persediaan
Kebutuhan akan transportasi di antara berbagai fasilitas didasarkan atas kebijakan jumlah persediaan yang ditetapkan perusahaan.

Komunikasi
Suatu komunikasi menyeluruh yang berjalan di antara semua bagian perusahaan

Pengelolaan dan penyimpanan
Berhubungan dengan kebijakan jumlah persediaan selektif, melalui jumlah persediaan serta di antara lokasi fasilitas, kegiatan transportasi, alokasi persediaan dan jaringan komunikasi yang digunakan

Hal yang harus diperhatikan dalam mempertimbangkan kebijakan pemilihan penggunaan logistik, yaitu
  1. Kebutuhan sumber daya manusia
  2. Penyediaan dana logistik
  3. Pengawasan
  4. Macam dan jenis barang
  5. Langganan

Baca post sebelumnya Apa itu manajemen logistik?


...............................
Daftar pustaka : Gitosudarmo, Indriyo dan Mulyono, Agus. 2000. "Manajemen Bisnis Logistik". Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Post a Comment

0 Comments