PROSPEK KERJA TEKNIK INDUSTRI | Lulusan Teknik Industri Kerja Apa?

prospek kerja lulusan teknik industri
prospek kerja lulusan teknik industri

Perkembangan yang cukup pesat di bidang ekonomi, sosial dan politik, dan munculnya model-model baru dalam menjalan kan bisnis mengubah dunia secara dramatis. Perkembangan teknologi telah membuat dunia menjadi semakin kompleks. Kecenderungan menunjukkan bahwa lingkungan yang kompetitif untuk praktik Teknik Industri akan berbeda antara hari ini dengan hari esok. Munculnya teknologi baru yang dipacu oleh persaingan yang ketat akan terus berperan untuk proses dan produk baru baik di lingkungan manufakturing maupun lingkungan jasa. Lalu prospek kerja apa yang ditawarkan dari lulusan Teknik Industri???


Teknik Industri sebagai suatu sistem integrator pada masa mendatang akan lebih besar lagi peranannya dengan semakin dikembangkannya konsep Computer-Integrated Manufakturing (CIM). Untuk mengenalkan berbagai teknologi dan inovasi baru, perusahaan perlu sekali melakukan berbagai perubahan yang cukup berarti. Seperti, modifikasi peraturan tradisional, penggantian struktur organisasi tradisional yang kerap kali menjadi penghalang dengan struktur yang dapat memfasilitasi perubahan yang terbuka, penggunaan sistem yang baik untuk lebih mendorong kerja sama, dan mengubah kultur perusahaan. Dengan demikian, Teknik Industri pada masa yang akan datang akan memainkan dua peranan, yaitu sebagai sistem integrator dan sebagai agen perubahan.
Keterkaitan Disiplin Ilmu Teknik Industri dengan Ilmu lainnya
Keterkaitan Disiplin Ilmu Teknik Industri dengan Ilmu lainnya
Pendidikan sarjana (strata 1) prodi Teknik Industri bertujuan untuk membentuk sarjana yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian dan pengendalian sistem industri yang luas dan kompleks, mempunyai kemampuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, maupun produktivitas sistem industri. Untuk memenuhi hal tersebut seorang sarjana Teknik Industri dituntut memiliki kemampuan dibidang ilmu keteknikan dan ilmu sosial secara bersama. Hal ini penting sebagai bekal untuk melihat dan menyelesaikan segala permasalahan industri dengan konsep pendekatan sistem. Sesuai dengan tujuan penyelenggaraan prodi teknik industri yang akan menghasilkan lulusan yang memiliki: integritas ilmiah dan kemampuan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks, kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian serta kemampuan berkerja sama dalam kegiatan penelitian dan pengembangan,




Maka profesi, bidang pekerjaan, atau bidang keilmuan
dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan teknik industri adalah:

1. Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu
Lulusan TI sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.

Baca juga: update berita KRAKATAU STEEL

2. Bidang sistem informasi
Posisi yang biasanya diduduki lulusan TI misalnya staf IT , staf dalam pemasangan sistem informasi, bahkan banyak alumni yang membuka usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll.

3. Bidang pemasaran
Beberapa posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan TI misalnya market research, technical sales, dll. Misalnya di perusahaan P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll.

4. Bidang logistik
Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi merupakan bidang yang mulai banyak dimasuki oleh lulusan TI seperti di P&G, PT Semen Gresik, dll.

5. Bidang manajemen sumber daya manusia

Pengelolaan sumber daya manusia mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. Alumni TI yang bekerja di bidang ini misalnya di PT Semen Padang, P&G, dll.

6. Bidang keuangan (bank dan asuransi). Misalnya BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dsb.

Baca juga: PERKEMBANGAN DISIPLIN TEKNIK INDUSTRI
7. Bidang konsultasi manajemen. Misalnya Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb

Baca juga: Teknik Industri adalah, DEFINISI INDUSTRIAL ENGINEERING

Post a Comment

0 Comments