MEAN, MEDIAN, MODUS, DESIL, QUARTIL, PERSENTIL | STATISTIK DASAR

Statistik merupakan bidang ilmu matematika yang yang berperan dalam mengumpulkan data, mengolah data, menganalisa data dan menyimpulkan guna mendapatkan gambaran data sampel yang mewakili dari data populasi yang diteliti. 

Istilah-istilah dalam statistik sangatlah banyak diantaranya adalah sebagai berikut :

1) Mean (Rata – Rata)

Mean adalah jumlah sekumpulan data yang berbanding terbalik dengan jumlah banyaknya data. Lambang mean untuk data sampel adalah 𝑥̅ dan lambang rata – rata untuk populasi adalah  𝜇 . Jenis – jenis mean meliputi mean aritmatik, mean harmonik, dan mean geometrik. Mean aritmatik adalah rata – rata Jenis mean tersebut dapat digunakan untuk menghitung data tunggal dan data kelompok.

Baca Selanjutnya ⇒  MEAN ARITMATIK, MEAN HARMONIK, MEAN GEOMATRIK

2) Median (Nilai Tengah)

Median adalah  nilai tengah dari sebuah data dimana data tersebut sudah diurutkan dari yang terkecil keterbesar atau dari yang terbesar keterkecil. Lambang untuk median adalah Me. Perhitungan median dapat digunkan untuk data tunggal maupun data kelompok.

3) Modus 

Modus merupakan nilai data yang paling banyak muncul atau paling banyak jumlah frekuensinya. Lambang untuk modus adalah Mo. Perhitungan modus dapat digunkan untuk data tunggal maupun data kelompok.

4) Desil 

Suatu data yang sudah diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar kemudian dibagi menjadi 10 bagian yanga sama sehingga batas dari sepuluh bagian yang sama dinamakan dengan desil. Lambang untuk desil adalah Di. Dimana desil pada data dari desil ke-1 (D1) sampai desil ke-9 (D9). Perhitungan desil dapat digunkan untuk data tunggal maupun data kelompok.

Baca dulu : TIPE DATA, STATISTIK DAN ELEMEN STATISTIK || Materi Teknik Industri

5) Quartil 

Quartil merupakan data yang berasal dari sekat data yang telah diurutkan dari terkecil ke terbesar menjadi empat bagian yang sama. Quatil dilambangkan dengan Qi dimana i adalah 1, 2, dan 3. Perhitungan quartil dapat diterapkan pada data tunggal dan data keompok.

6) Persentil 

Bagian dari suatu data yang dibagi menjadi 100 bagian yang sama. Dimana sekat dari data tersebut yang dibagi menjadi 100 bagian dinamakan dengan persentil. Lambang untuk persentil adalah Pi. Banyaknya persentil yaitu dari persentil ke-1 (P1) sampai dengan persentil ke-99 (P99). Perhitungan
persentil dapat digunakan untuk data tunggal maupun data kelompok.

Baca juga : MENGOLAH DATA SPSS,CONTOH KASUS || Materi Teknik Industri

Post a Comment

0 Comments