6 Tips Solo Backpacker untuk Pemula


Baik temen-temen solo backpacker semua dari semua kelangan, mau muda, mau tua, dan sebagainya. Pasti terdengar ditelinga temen-temen semua, kok ada orang pada liburan ketempat yang jauh, kok orang berani bepergian ditempat yang mereka belum pernah kesana sebelumnya. Untuk itu pada artikel ini akan membahas beberapa tips untuk solo backpacker bagi pemula ke tempat baru alias belum pernah ke tempat tersebut.


BACKPACKER

Backpacker menurut saya pribadi, merupakan sebuah perjalanan ke tempat atau ke suatu daerah yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya dengan budget yang tidak terlalu banyak tetapi tetap dalam perencananaan di awal yang sudah matang tentunya, karena setiap langkah harus ada perencanaan yang matang temen-temen.
Bagi saya pribadi banyak pembelajaran yang paling berkesan pada saat melakukan ke suatu tempat dengan cara backpacker, sebagai contoh kita akan mengetahui budaya ditempat baru tersebut, mengetahui wisata yang berada ditempat tersebut secara nyata, dan tentunya mempunyai temen backpacker baru.
Dari penjelasan mengenai backpacker diatas, tentunya harus didukung dengan persiapan-persiapan yang harus dilakukan secara matang sebelumnya. Ada beberapa tips dari saya untuk temen-temen pemula yang mau melakukan solo backpacker:

candi arjuna dieng
Candi Arjuna Dieng


   1. Planning/perencanaan awal
Sudah disinggung diatas bahwa setiap langkah kita harus ada perencanaan yang matang, begitu  juga pada temen-temen pemula yang akan melakukan solo backpaker. Tentu bagi pemula apalagi solo backpacker, perencanaan awal sangatlah mutlak harus dilakukan seperti:

Mau ke daerah mana?
Daerahnya seperti apa?
Tujuan mau kemana saja?
Berapa lama?

    2. Budget/biaya
Setelah planning/perencanaan sudah matang, selanjutnya menghitung budget atau biaya yang akan digunakan. Budget/biaya perlu disiapkan secara jauh-jauh hari sebelum melakukan solo backpacker. Perhitungan budget/biaya bagi solo backpacker pemula sangatlah susah, karena belum pernah ada pengalaman secara nyata melakukan solo backpacker.

Berikut perincian budget/biaya saat melakukan solo backpacker:
a.      Berapa harga penginapan?
b.     Berapa transportasi pulang pergi tempat yang kita kunjungi?
c.      Berapa transportasi selama ditempat wisata, apakah sewa atau pakai transportasi sendiri?
d.     Berapa biaya makan dan jajan selama backpacker?
e.      Berapa biaya tiket masuk ke tempat wisata yang kita inginkan?





    3. Time/waktu
Waktu yang tepat akan memberi kepuasan tersendiri  bagi solo backpacker pemula. Apabila temen-temen melakukan langkah awal dan dengan hasil yang memuaskan, maka temen-temen akan yakin bahwa langkah selanjutnya akan memuaskan seperti langkah awal dengan optimis tanpa ada keraguan.
Menentukan waktu untuk melakukan solo backpacker harus dilakukan secara jauh-jauh hari, supaya persiapan lainnya bisa secara maksimal dilakukan. Kapan waktu solo backpacker dilakukan ?, jawabnya yaitu sesuai dengan daerah yang akan temen-temen kunjungi, karena disetiap daerah mempunyai atau memiliki waktu kunjungan tersendiri. Misalnya kita mau pergi ke Dieng Plateau, waktu yang tepat melakukan solo bacpacker ke  DiengPlateau yaitu pada bulan Juli – Agustus – September. Dibulan tersebut merupakan waktu yang pas/cocok untuk melakukan solo backpacker ke DiengPlateau dengan kecantikan dan pesonanya yang akan membius mata kita.


Note: cari referensi kapan kapan waktu yang pas untuk melakukan solo backpacker ke suatu daerah.

   4. Transportation/transportasi
Pemilihan moda transportasi menjadi salah satu pilihan bagi solo bacpacker dan akan menentukan juga pada perencanaan budget/biaya yang akan dikeluarkan. Biasanya bagi pemula untuk melakukan solo backpacker akan susah menentukan transportasi yang akan digunakan, untuk itu pada poin 1 harus sudah jelas tujuan mau kedaerah mana yang akan dikunjungi.
Selain transportasi pribadi dalam melakukan solo backpacker, pada saat ini tentunya di Indonesia, moda transportasi yang bersahabat dikalangan backpacker ialah Kererta Api. Selain harga tiket yang tidak terlalu mahal, tentunya ketepatan waktu yang menjadi prioritas. Tetapi tidak menutup kemungkinan moda transportasi lainnya untuk melakukan solo backpacker.

Plataran Candi Prambanan
Plataran Candi Prambanan


    5. Penginapan
Penginapan merupakan tempat tinggal temen-temen selama melakukan solo backpacker. Ada banyak jenis penginapan yang ada, seperti hotel, hostel, villa, resort, dan lain sebagainya. Bagi pemula memang sulit untuk menentukan atau memilih penginapan yang seperti apa yang cocok digunakan saat solo backpacker, tentunya masih bertanya-tanya. Bagaimana mencari penginapan yag cocok saat backpacker?
Menurut saya dan pengalaman saya, carilah tempat penginapan seperti hostel, selain harganya murah tetap kenyamanan nomor 1, dan dalam hostel berbeda dengan hotel karena didalam hostel terdapat beberapa ranjang tidur dalam 1 kamar, tentunya bakal ada temen baru didalam hostel.

    6. Kondisi Fisik
Selain persiapan-pesiapan diatas, tidak kalah pentingnya yaitu persiapan fisik tubuh kita sendiri, tidak mungkin jadwal backpacker sudah Oke, Transportasi sudah Clear, Penginapan sudah beres, tetapi tidak melihat kondisi fisik tubuh kita sendiri apakah kita dalam keadaan sehat bugar atau sebaliknya. Tidak mungkin kan kalau kita solo backpacker dengan kondisi fisik yang kurang sehat, tentunya tidak mengenakkan semua. Mau makan saja tidak nikmat, apalagi mau menikmati perjalanan backpacker hingga ke tempat wisata itu sendiri.
Jadi menjaga kebugaran atau kondisi fisik tubuh sebelum, selama, dan sesudah backpacker sangatlah penting. Menjaga kondisi fisik tubuh tidak mahal kok temen-temen, tidak harus ke gym. Bagi saya menjaga kebugaran fisik itu sederhana, caranya sangat gampang yaitu bangun pagi, ambil sepatu, terus lari pagi keliling komplek. Simple kan temen-temen.




Note:
§  Selalu membuat perencanaan yang matang disetiap langkah
§  Perbanyak informasi pada daerah yang akan dikunjungi
§  Selalu jaga kesehat, karena kesehatan ialah kenikmatan yang luar biasa


Selamat mencoba para solo backpacker
Semoga bermanfaat...




Post a Comment

0 Comments